PENGEMBANGAN PERANGKAT MEDIA AUDIO PETA TIMBUL (PERADIOTIM) MATERI BENTUK MUKA BUMI BAGI SISWA TUNANETRA DI MTsLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Bayu Wicaksono, Rizki (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT MEDIA AUDIO PETA TIMBUL (PERADIOTIM) MATERI BENTUK MUKA BUMI BAGI SISWA TUNANETRA DI MTsLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Rizki Bayu Wicaksono_11105244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media audio peta timbul materi bentuk muka bumi bagi siswa tunanetra kelas III MTsLB-A Yaketunis Yogyakarta. Materi bentuk muka bumi yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup bahasan tentang memahami dan mengerti bentuk dari gunung, pegunungan, sungai dan laut serta dampak bagi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan prosedur penelitian Borg and Gall dan acuan model pengembangan Dick, Carey and Carey (1989). Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan yaitu: 1) Studi pendahuluan, 2) Merumuskan tujuan, 3) Melaksanakan analisis pembelajaran, 4) Mengalisis peserta didik dan konten, 5) Merumuskan indikator pembelajaran, 6) Mengembangkan instrumen penilaian, 7) Mengembangkan strategi pembelajaran (termasuk media), 8) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 dosen PLB FIP UNY, 1 dosen KTP FIP UNY, 1 Guru kelas, 5 Siswa kelas IX MTsLB-A Yaketunis Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket, observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media audio peta timbul materi bentuk muka bumi layak bagi siswa MTsLB-A Yaketunis Yogyakarta. Kelayakan dan efektifitas media dibuktikan dengan hasil uji produkl melalui uji validasi ahli materi dengan rata-rata keseluruhan aspek (4,47) dan dapat dikategorikan “sangat baik” dan uji validasi ahli media dari seluruh aspek dengan rata-rata (4,58) dapat dikategorikan “sangat baik” dan uji coba produk dengan uji coba terbatas diperoleh skor (4,00) dapat dikategorikan “cukup”. Uji coba utama diperoleh skor (4,43) dapat dikategorikan “sangat baik”. Uji pelaksanaan lapangan diperoleh skor (4,68) dapat dikategorikan “sangat baik”. Adapun hasil efektifitas peradiotim dapat diketahui melalui pretest dan postest dengan rata-rata skor (2,2) termasuk dalam kategori “cukup dan (3,6) dapat dikategorikan “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35076

Actions (login required)

View Item View Item