PROSES PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN TEKNIK SURVIVAL DASAR DI SAR DARAT GUNUNGKIDUL

Global Nur Api, Wuri (2016) PROSES PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN TEKNIK SURVIVAL DASAR DI SAR DARAT GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Wuri Global Nur Apik_11105241040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran yang terdiri dari metode simulasi, media dan evaluasi pada pelatihan teknik survival dasar di SAR Darat Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah instruktur, penyelenggara dan peserta pelatihan teknik survival dasar. Setting penelitian mengambil tempat di sekertariat SAR Darat Gunungkidul. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada pelatihan teknik survival dasar menggunakan metode simulasi sebagai metode paling utama yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanan, persiapan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Metode simulasi telah membentuk sikap tanggungjawab, kerjasama, cekatan, ketelitian, kepedulian, keberanian dan sikap saling berbagi pada peserta pelatihan melalui kegiatan membuat bivak, mencari bahan makanan, membuat api, mencari air dan membuat jerat. Media yang digunakan yaitu papan tulis, LCD, labtop, powerpoint, foto, gambar, video, koran, buku materi, ensiklopedi dan instruktur berperan penting dalam proses pembelajaran sebagai alat untuk memperjelas materi, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta sebagai alat membangkitkan keinginan peserta untuk belajar dengan baik. Evaluasi pada pelatihan teknik survival dasar mencakup aspek pengetahuan, kemampuan dan sikap para peserta pelatihan yang dilaksanakan pada sesi materi lapangan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35074

Actions (login required)

View Item View Item