PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI TK AN NUR I KEMBANG SLEMAN

Octa Listyaatmadja, Andhini (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI TK AN NUR I KEMBANG SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Andhini Octa Listyaatmadja_11105244029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences dan faktor-faktor pendukung dan penghambat apa sajakah yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran Multiple Intelligences di TK An Nur 1 Kembang, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 guru TK An Nur I Kembang. Objek penelitaiannya adalah pembelajaran berbasias multiple intelligences. Lokasi penelitian di TK An Nur I Kembang Depok, Sleman. Sedangkan setting dan waktu penelitian diambil di dalam dan luar kelas. Metode pengumpulan data mengguanakan metode wawancara, observasi da dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri dengan bantuan human instrument. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan tahapan menurut Miles dna Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK An Nur I Kembang melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis multiple intelligences diperoleh dengan tahap persiapan meliputi menyusun rencana pembelajaran dan metode pembelajaran. pada tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences, meliputi kegiatan apersepsi dan motivasi, kegiatan inti, kegiatan akhir. Kemudian kegiatan pembelajaran terdapat kecerdasan linguistik, kecerdasan mathematis, kecerdasan visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalistik. Masing-masing kecerdasan tersebut distimulasi dengan metode diskusi/bercerita, pemberian tugas, demonstrasi, praktek langsung.Sistem evaluasinya dilakukan dengan tiga cara yaitu obsevasi, catatan anekdot, dan, portofolio. Faktor penghambat yaitu guru belum memahami multiple intelligences dengan benar. Faktor pendukung kerjasama antar guru, karyawan dan orang tua/wali untuk mengembangkan profil kecerdasan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35072

Actions (login required)

View Item View Item