PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SDN PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA

Pertiwi, Dwi (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV B SDN PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Dwi Pertiwi_12105244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar materi pecahan di kelas IV B SDN Percobaan 2 Yogyakarta melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV B SDN Percobaan 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran menerapkan ketujuh komponen CTL, yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL pada pembelajaran matematika di kelas IV B SDN Percobaan 2 Yogyakarta mendorong siswa belajar secara bermakna dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berimplikasi pada meningkatnya prestasi belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase pencapaian nilai KKM, yaitu 60,7% pada tahap pra tindakan, 78,6% pada siklus I, dan 82,1% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35068

Actions (login required)

View Item View Item