LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 MAGELANG

Ariska Dina Safitri, Ariska Dina Safitri (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ARISKA siap pdf1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat diperkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang dipergunakan sebagai tempat praktik PPL adalah SMK N 2 Magelang, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015, yang secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Kegiatan PPL ini berupa kegiatan mengajar terbimbing sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas selama PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal empat kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan pengajaran di kelas lebih dari empat kali pertemuan karena dalam satu minggu mengajar dua kali pertemuan dengan jumlah 5 jam pelajaran per minggunya. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain observasi, Jiksaw II, ceramah, diskusi kelompok, quis, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media diantaranya gambar, video, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan selama pelaksanaan PPL, antara lain dalam pengelolaan kelas ada beberapa peserta didik yang sulit dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukan merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMA/SMK sedang dalam proses pencarian jati diri. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesainya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 2 Magelang, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35065

Actions (login required)

View Item View Item