KEEFEKTIFAN STRATEGI PLAN (PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SLEMAN

Hadi Saputri, Santi (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI PLAN (PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Santi Hadi Saputri 12201241003.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PLAN dan kelompok yang mendapatkan pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi konvensional, (2) menguji keefektifan strategi PLAN dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu strategi PLAN sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca pemahaman sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Teknik penyampelan dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VIII A sebagai kelompok kontrol. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgement, sedangkan uji validitas konstruk dilakukan dengan program Iteman. Uji reliabilitas instrumen penelitian dilakukan dengan program Iteman. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara kelompok yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi PLAN dengan kelompok yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi konvensional pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung 3,015 dengan df=62 dan p sebesar 0,004 (p < 0,05 = signifikan). Kedua, strategi PLAN efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t skor prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh thitung 2,766 dengan df=31 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05 = signifikan). Kelompok eksperimen memperoleh gain score sebesar 3,68.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35048

Actions (login required)

View Item View Item