PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENULISAN SASTRA KOPISAJI DI SMA N 1 WONOSARI

Wahyu Widodo, Arif (2016) PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENULISAN SASTRA KOPISAJI DI SMA N 1 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIF PBSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler penulisan sastra Kopisaji di SMA N 1 Wonosari berupa sistem pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler, proses pembimbingan, proses produksi karya sastra siswa, faktor pendukung dan penghambat kegiatan, dan dampak yang ditimbulkan terkait kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa, pembina, kepala sekolah, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru koordinator, dan alumni yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler penulisan sastra Kopisaji SMA N 1 Wonosari. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kualitatif kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kopisaji merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekaligus Unit Kegiatan Kesiswaan di SMAN 1 Wonosari untuk mewadahi minat siswa di bidang sastra, yang dikelola secara otonom di bawah OSIS dan Waka Kesiswaan, (2) Proses pembimbingan di Kopisaji dilakukan oleh pembina ekstrakurikuler berdasarkan silabus dan rencana kegiatan ekstrakurikuler yang telah dibuat. Kopisaji mengalami dua periode pembimbingan. Kegiatan pada periode 2007-2010 meliputi apresiasi, penulisan, dan pertunjukan sastra; pada periode 2011-sekarang terfokus pada penulisan sastra meliputi pengenalan seni sastra, praktik menulis, dan mempublikasikan karya, (3) Produksi karya sastra oleh Kopisaji berupa buku yang telah diterbitkan sebanyak 6 kali. Proses penerbitan dilakukan secara kerja kolektif antara siswa dan pembina. (4) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler Kopisaji adalah dukungan pendanaan dari sekolah, fasilitas sekolah, perpustakaan, layanan internet, dan dukungan moral, sedangkan faktor penghambatnya adalah pendanaan belum mencukupi, belum ada ruangan khusus, kedisiplinan, dan ketergantungan pada pembina. (5) Dampak kegiatan ekstra, bagi guru mapel: pembina ekstra menjadi rekan diskusi dalam hal materi dan media pembelajaran; bagi siswa: menambah wawasan sastra, mengembangkan kemampuan bersastra, ruang ekspresi dan berkumpul siswa, memberi pengalaman berorganisasi; bagi pembelajaran: memperdalam materi siswa, menambah kepercayaan diri, menjadi sumber belajar lain; bagi sekolah: mengangkat nama sekolah di bidang sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35045

Actions (login required)

View Item View Item