Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah)

Aisiah, Aisiah (2016) Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-aisiah-10701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan pengembangan Momendikejar antara lain: (1) menghasilkan produk Momendikejar yang valid, praktis dan efektif; (2) menguji konstruk instrumen asesmen diri untuk kesadaran sejarah-Adjar; (3) mengestimasi validitas dan reliabilitas instrumen Adjar; (4) mengukur tingkat kesadaran sejarah mahasiswa; (5) menginvestigasi kepraktisan dan keefektifan Momendikejar. Pengembangan Momendikejar menerapkan metode riset dan pengembangan yang diadaptasi dari model Plomp. Prosedur pengembangan mencakup investigasi awal (studi literatur dan survai lapangan tentang Adjar), desain (merancang model konseptual Kejar), konstruksi (merakit instrumen dan panduan Adjar), uji coba secara teoritis untuk melihat validitas isi produk Momendikejar melalui telaah pakar (expert judgement), dan, tes, evaluasi, revisi (uji coba empiris produk Momendikejar) kepada mahasiswa dalam kelompok kecil, terbatas, dan diperluas untuk melihat validitas dan reliabilitas konstruk instrumen Adjar maupun model pengukurannya. Uji coba dilakukan di UNY dan UNP. Data diperoleh dari pakar dan mahasiswa calon guru sejarah dengan cara nontes, tes dan wawancara menggunakan lembar validasi, perangkat soal tes Adjar, dan skala penilaian Regulasi diri kesadaran sejarah (LariKejar). Teknik analisis data validitas isi menggunakan formula Aiken, sedangkan validitas konstruk dan uji kecocokan model pengukuran menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan program dan LISREL 8.80. Analisis reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas komposit dan Alpha Cronbach. Analisis hasil Adjar, LariKejar, kepraktisan, dan keefektifan Momendikejar menggunakan teknik persentase dan rerata dengan program SPSS 17.00 dan Microsoft Exel 2010 Hasil pengembangan produk Momendikejar berupa model konseptual Kejar, instrumen dan panduan Adjar terbukti valid, praktis dan efektif. Konstruk instrumen Adjar mencakup empat komponen, yakni PPS, PMPS, MPS dan GS. Validitas isi produk Momendikejar tergolong baik (rerata indeks validitas isi 0,85). Validitas konstruk instrumen Adjar telah memenuhi syarat (nilai muatan faktor > 0,3), berkisar 0,4 s.d 0,7. Reliabilitas model pengukuran Kejar tergolong baik dan dapat diterima (nilai CR berkisar 0,6 s.d 0,8). Uji kecocokan model menunjukkan bahwa model teoritis didukung oleh data empiris. Instrumen Adjar seri A memiliki p-value 0.10 (≥ 0,05), RMSEA 0,045 (≤ 0,08). Instrumen Adjar seri B memiliki p-value 0.11 (≥ 0,05), RMSEA 0,043(≤ 0,08). Rerata persentase tingkat Kejar mahasiswa 42% (rendah), rerata LariKejar 2.1 (jelek). Rerata persentase tingkat kesadaran sejarah mahasiswa UNY 43%, sedangkan mahasiswa UNP 40%. Tingkat kesadaran sejarah mahasiswa kedua kampus berada pada kategori rendah. Momendikejar menurut pakar dan mahasiswa sangat praktis dan sangat efektif (rerata 3.2).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model asesmen diri, kesadaran sejarah, perguruan tinggi, mahasiswa calon guru sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:31
Last Modified: 08 Mar 2022 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35039

Actions (login required)

View Item View Item