Pengembangan Model Balanced Scorecard untuk Pendidikan SMK

Adindo, Apri Winge (2016) Pengembangan Model Balanced Scorecard untuk Pendidikan SMK. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-apri-winge-adindo-11704261005.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: a) mendeskripsikan prinsip-prinsip Balanced Scorecard yang diterapkan di SMK, b) menemukan model implementasi keterampilan kepemimpinan, manajerial, dan komunikasi kepala sekolah SMK dalam pengelolaan pendidikan kejuruan berbasis Balanced Scorecard, c) mengembangkan model Balanced Scorecard yang cocok untuk diterapkan dalam pengelolaan pendidikan kejuruan, dan d) menguji keefektifan internal model Balanced Scorecard untuk pendidikan SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) rancangan Borg & Gall (1983) yang mencakup sepuluh langkah penelitian dan pengembangan meliputi: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, dan penyebarluasan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen pada lima SMK Unggul di Provinsi Sulawesi Tenggara. Informan penelitian ditetapkan dengan snowball sampling. Keabsahan data diuji dengan teknik trianggulasi. Uji coba/validasi model Tahap 1 dan Tahap 2 menggunakan teknik Delphi. Untuk menguji keefektifan model dan untuk mengetahui dampak dari penerapan Balanced Scorecard untuk pendidikan SMK digunakan angket dengan skala Likert yang diberikan kepada 50 orang pimpinan SMK dan 50 orang guru dan tenaga kependidikan dari 15 SMK Negeri dan SMK Swasta di Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menunjukkan empat temuan yaitu: (1) penerapan prinsip-prinsip Balanced Scorecard di SMK ditunjukkan melalui pengintegrasian delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dipengaruhi oleh empat perspektif Balanced Scorecard dalam sistem perencanaan dan pengendalian manajemen; (2) model keterampilan kepemimpinan kepala sekolah SMK dalam mengelola pendidikan kejuruan berbasis Balanced Scorecard ditunjukan dengan melakukan pengembangan trendwatching, envisioning, budaya organisasi, pembentukan mindset, dan pengambilan keputusan. Model implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah ditunjukkan dalam pengelolaan program kerja sekolah, pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, kemitraan usaha sekolah, anggaran sekolah, sisi bayangan SDM, dan monitoring dan evaluasi perencanaan strategik. Model implementasi keterampilan komunikasi kepala sekolah ditunjukkan melalui pengkomunikasian strategi SMK sebagai bentuk penyelarasan strategi SMK dengan seluruh warga sekolah dan stakeholders pendidikan SMK; (3) model Balanced Scorecard yang cocok untuk mengelola manajemen SMK adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengenali dan mengukur kinerja utama SMK melalui empat perspektif Balanced Scorecard meliputi perspektif keuangan, pelanggan, proses internal, pembelajaran dan pertumbuhan; dan (4) model Balanced Scorecard yang dikembangkan untuk pendidikan SMK yang diajukan telah memenuhi kriteria keefektifan internal model yang tinggi mencapai skor 90,21 dan termasuk kategori sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai model pelaksanaan manajemen SMK

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, SMK, Keterampilan Kepala Sekolah, dan Kinerja Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:26
Last Modified: 20 Jun 2016 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35038

Actions (login required)

View Item View Item