IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KOPLING KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH

Beni, Nur Pranayoga (2016) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KOPLING KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Beni Nur Pranayoga 10504242008.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KOPLING KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH Oleh : Beni Nur Pranayoga 10504242008 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan presentasi pada mata pelajaran kopling kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XI (OA) SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah, dan sebagai obyeknya adalah peningkatan partisipasi aktif siswa dengan menggunakan metode diskusi dan presentasi. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan metode diskusi dan presentasi saat proses pembelajaran, dimana siswa dibagi dalam beberapa kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada mata pelajaran kopling. Data penelitian ini berupa instrumen partisipasi aktif siswa. Teknik pengumpulan data partisipasi aktif siswa dengan observasi langsung oleh 3 observer. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Implementasi metode diskusi dan presentasi dapat meningkatkan partisipasi aktif belajar siswa. Pada siklus I capaian rata-rata partisipasi aktif sebesar 33,59%, pada siklus II sebesar 59,34%, sedangkan pada siklus III sebesar 78,28%, jadi peningkatan aspek partisipasi aktif siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 25,75% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 18,94%. Pencapaian partisipasi aktif tertinggi yaitu aspek mencatat materi pelajaran, mengerjakan tugas dan berdiskusi. Sedangkan capaian terendah yaitu memberikan saran/pendapat. Kata Kunci : PTK, partisipasi aktif, metode diskusi dan presentasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jun 2016 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35037

Actions (login required)

View Item View Item