LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG

Zuyyun Wahyuningtyas, Zuyyun Wahyuningtyas (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Sejarah_Zuyyun Wahyuningtyas_12406241006.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas.Program PPL di SMA Negeri 1 Kota Magelang, dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasipembelajaran di kelas.KegiatanPPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: observasi kelas, penyusunan perangkat pembelajaran, persiapan mengajar (pembuatan media pembelajaran), praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel dinamis, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. PPL sebagai muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku kuliah, sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan viii bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing dan koordinator PPL di Sekolah. Dalam kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Kota Magelang, penyusun mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas XII.IIS.1, XII.IIS.2, XII.IIS.3 dan XII.IIS.4. Penyusun berkesempatan mengajarkan mata pelajaran Sejarah peminatan dengan materi Indonesia pada Demokrasi Terpimpin dan Indonesia pada Masa Orde Baru. Dengan adanya kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan penyususun dapat membagi ilmu dan pengalaman khusunya dalam mata pelajran sejarah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Kota Magelang, Sejarah.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2016 05:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35030

Actions (login required)

View Item View Item