Analisis Angka Partisiasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) sebagai bentuk Partisipasi Anak Usia SD dalam Penuntasan Program Wajib Belajar 9 Tahun di Kecamatan Borobudur Tahun Pelajaran 2014/2015

Ramadhan, Rai Asmara (2015) Analisis Angka Partisiasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) sebagai bentuk Partisipasi Anak Usia SD dalam Penuntasan Program Wajib Belajar 9 Tahun di Kecamatan Borobudur Tahun Pelajaran 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. 12110241031 - RAI ASMARA RAMADHAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembangunan pendidikan nasional seperti yang tertera dalam rencana strategis dinas pendidikan nasional adalah meningkatkan pemerataan kesempatan belajar pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan. Hal tersebut dituangkan dalan program wajib belajar sembilan tahun. Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang dengan jumlah penduduk sebesar 55.839 jiwa dan penduduk usia sekolah dasar sebanyak 5.556 jiwa yang tersebar di 20 kelurahan/ desa telah memiliki 31 Sekolah Dasar (SD) dan 15 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Maka untuk melihat partisipasi penduduk usia sekolah dasar perlu dikaji Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Minimum (APM) di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Di dalam program PPL ini digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang dibutuhkan adalah data sekunder berupa jumlah penduduk berupa angka yang di dapat dari Subag Perencanaan Disdikpora Kabupaten Magelang dan jumlah siswa berupa angka yang didapat dari Subag TU UPT Disdikpora Kecamatan Borobudur. Kedua data data tersebut digunakan untuk mencari APK dan APM dengan populasi seluruh penduduk usia sekolah dasar dan siswa SD/ MI di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Hasil dari penghitungan APK dan APM akan dikaitkan dengan penuntasan program wajib belajar di Kecamatan Borobudur. Berdasarkan penghitungan maka dapat diketahui APM SD/MI Kecamatan Borobudur sebesar 107,2% dan APM SD/MI sebesar 104,5%. Pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di Kecamatan Borobudur sudah dikatakan berhasil dengan melihat besaran APK dan APM sebagai indikator keberhasilannya. APK SD/MI tahun pelajaran 2014/2015 sangat dipengaruhi oleh siswa yang mendaftar kurang dari atau lebih dari usia ideal masuk Sekolah Dasar yaitu 7 tahun. Sejumlah 16,2% atau 962 siswa berusia diluar 7-12 tahun. Melihat besaran APK dan APM serta pelaksanaan wajib belajar 9 tahun tersebut, mengindikasikan bahwa mutu sarana prasarana, profesionalisme guru, kesadaran orang tua serta kesempatan dalam memperoleh pendidikan di Kecamatan Borobudur telah meningkat dan optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Drs. Joko Sri Sukardi, M.Si. (Dosen Pembimbing Lapangan)
Uncontrolled Keywords: APK, APM, Wajib Belajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35028

Actions (login required)

View Item View Item