LAPORAN PROGRAM KERJA KEGIATAN PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA “Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Pra Sekolah Di UPT Disdikpora Kecamatan Salam Kabupaten Magelang”

YUNIDA CAHYA KINANTI, YUNIDA CAHYA KINANTI (2015) LAPORAN PROGRAM KERJA KEGIATAN PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA “Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Pra Sekolah Di UPT Disdikpora Kecamatan Salam Kabupaten Magelang”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. 12110241022 - YUNIDA CAHYA KINANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

UPT Disdikpora Kecamatan Salam membawahi 19 Taman Kanak-kanak dan 23 Sekolah Dasar. Memiliki letak geografis yang berada di kawasan kali putih dan termaksuk daerah rawan bencana lahar dingin, yang tentunya membuat pendidikan prasekolah di kawasan Kecamatan Salam ini perlu menjadi perhatian . Dari informasi tersebut, peneliti membuat program kerja PPL dengan judul Pratisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Pra Sekolah. Dalam penelitian yang akan dilakukan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting dari penelitian ini adalah lembaga pendidikan non formal (khusus Taman kanak-kanak) di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil dari pembahasan diatas, didapatkan bahwa partisipasi masyarakat untuk pendidikan prasekolah di wilayah Kecamatan Salam termaksuk dalam kategori yang baik. Mulai dari partisipasi masyarakat secara aktif maupun pasif. Untuk partisipasi masyarakat secara aktif, masyarakat mau untuk dilibatkan dalam pembangunan fasilitas sarana dan prasarana, sedangkan untuk partisipasi pasif, masyarakat hanya “monggo manut kersane sekolah” seperti dalam urusan pembiayaan dan penerimaan raport siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, masyarakat, pra sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2016 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35023

Actions (login required)

View Item View Item