Akalili Zhafirah Syarafina, Akalili Zhafirah Syarafina (2015) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG KOTA MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Pendidikan Geografi_Akalili Zhafirah Syarafina_12405241050.pdf Download (62MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan PPL di SMA Negeri 1 Kota Magelang yang terletak di Kota Magelang. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik di masa mendatang. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai calon guru bagi bangsa ini. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama PPL I atau observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masingmasing. Tahap berikutnya adalah pelaksaanaan PPL II yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah. PPL III dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 Sepember 2015. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X IIS 3, X IIS 4, XI IIS 3, XI IIS 4, XII IIS 3, dan XII IIS 4 sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing (pamong). Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan Program Semester, Program Tahunan, Kegiatan Belajae Mengajar (KBM), Ulangan Harian, Pembuatan Analisi Butir Soal dan Evaluasi. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal. Sehingga pada masanya nanti, praktikan lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah mantap dan luwes untuk menjadi seorang pendidik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMA Negeri 1 Magelang, Geografi |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 03:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35016 |
Actions (login required)
View Item |