LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI UPT DISDIKPORA KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

NUTRIMA LESTARI, NUTRIMA LESTARI (2015) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI UPT DISDIKPORA KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. 12110241010 - NUTRIMA LESTARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL ( Prakti Pengalaman Lapangan ) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus di tempuh oleh mahasiswa S1. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Jadi kegiatan ini untuk mencapai tujuan peningkatan dan pemberdayaan. PPL bertujuan mengabdikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah/ lembaga demi tercapainya kinerja yang maksimal.. Dalam mewujudkan hal tersebut, harus dilakukan langkah- langkah yang konkret. Maka dari itu mahasiswa sebelum melaksanakan PPL ( Prakti Pengalaman Lapangan ) harus menyusun program kerja terlebih dahulu. Program kerja yang berhasil di susun oleh mahasiswa PPL berdasarkan observasi adalah Pembuatan Struktur Organisasi UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Muntilan yang berbentuk banner, Pembuatan JFU ( Jabatan Fungsional Umum ) dan JFK ( Jabatan Fungsional Khusus ) yang dibuat dari kertas Asturo, Membantu pelaksanaan Entry Data PIP atau program Indonesia Pintar dan Data Aplikasi Assets, Membantu agenda surat masuk dan pengadministrasian kepegawaian dan melakukan suatu penelitian. PPL tahun 2015 dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 selama 1 bulan Penelitian yang dilakukan adalah tentang analisis profesionalisme guru PAUD yang ada di kecamatan Muntilan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan guru, mengetahui tentang masalah- masalah yang dihadapi oleh guru PAUD selama ini khususnya di kawasan Kecamatan Muntilan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17- 25 Agustus 2015 dengan pengambilan 2 contoh sekolah Taman Kanak Kanak sebagai conto penelitian yaitu TK Pertiwi Tamanagung dan TK RA Muslimat NU Congkrang 2. Jenis da pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif sehingga penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang sedang di hadapi. Teknik pengumpulan dan instrumen yang digunakan diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi,pedoman wawancara dan dokumentasi yang diguanakan untuk mendukung proses pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Taman Kanak Kanak dan PAUD sudah lumayan baik. Namun masih terdapat beberapa kendala yang mengurangi kualitas pendidikan tersenut, diantaranya jumlah guru PNS yang hanya 17 orang, tidak ada satupun sekolah negeri untuk TK dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Guru, PAUD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2016 02:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35006

Actions (login required)

View Item View Item