PERKEMBANGAN KESENIAN DOLALAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA KALIHARJO, KECAMATAN KALIGESING, KABUPATEN PURWOREJO

Nursanti Ayu Nugraheni, Nursanti (2016) PERKEMBANGAN KESENIAN DOLALAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA KALIHARJO, KECAMATAN KALIGESING, KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURSANTI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perkembangan Kesenian Dolalak tahun 2000 hingga 2015 di Kabupaten Purworejo dan mendeskripsikan pengaruh perkembangan Kesenian Dolalak terhadap kehidupan masyarakat Desa Kaliharjo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan sosiologi. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Kaliharjo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Objek penelitian ini adalah pertunjukan kesenian Dolalak di Desa Kaliharjo, Kabupaten Purworejo dan Grup Kesenian Dolalak di Desa Kaliharjo.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, pemaparan data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesenian Dolalak hidup, tumbuh dan berkembang di masyarakat Desa Kaliharjo pada khususnya serta Kabupaten Purworejo pada umumnya. Perkembangan yang terjadi berupa: a) Pemadatan ragam gerak dengan tidak banyak melakukan pengulangan, b) Pemendekan waktu pementasan, c) Pola lantai yang bervariasi, d) Penggunaan tata busana dan tata rias yang etis dan sopan, e) Perubahan tempat pertunjukan dan sesaji, (2) Perkembangan Kesenian Dolalak mampu mempengaruhi kehidupan masyarakat Desa Kaliharjo terbukti dengan adanya regenerasi serta pengemasan bentuk penyajian Kesenian Dolalak. Dari kegiatan tersebut menjadikan Kesenian Dolalak mampu merubah kehidupan sosial ekonomi sekaligus menjadi media pendidikan bagi masyarakat Desa Kaliharjo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Kesenian Dolalak, Kehidupan Masyarakat Desa Kaliharjo
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34997

Actions (login required)

View Item View Item