HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA, PEMBERIAN TUGAS, DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 KALASAN

Katrin, Yeni (2016) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA, PEMBERIAN TUGAS, DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_YENI KATRIN_12804241022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar ekonomi, 2) hubungan antara pemberian tugas dengan prestasi belajar ekonomi, 3) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi, 4) hubungan antara minat baca, pemberian tugas dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan populasi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalasan yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan uji korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan analisis korelasi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis keempat menggunakan rumus korelasi ganda dengan tiga prediktor pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar ekonomi, ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,328>rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,328>0,207). 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian tugas dengan prestasi belajar ekonomi, ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,228>rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,228>0,207). 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi, ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,320>rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,320>0,207). 4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca, pemberian tugas, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi pada (Ry) sebesar 0,417, nilai Fhitung bernilai positif dan lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (6,021>2,71) dan koefisien determinan (R2) sebesar 0,174.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34994

Actions (login required)

View Item View Item