PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA, KEGIATAN PRAKTIK DI UNIT PRODUKSI SEKOLAH, DAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK N 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Purnawan Nugrahanto, Risang (2016) PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA, KEGIATAN PRAKTIK DI UNIT PRODUKSI SEKOLAH, DAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK N 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RISANG P.N_09404244051.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Latar Belakang Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha, (2) Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah terhadap Kesiapan Berwirausaha, (3) Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap terhadap Kesiapan Berwirausaha, (4) Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, dan Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Berwirausaha. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII sebanyak 191 siswa yang tersebar pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik analisis Products momen, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan koefisien cronbach’s alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t (parsial) dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Latar Belakang Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 9,639 > t tabel 1,973 pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kegiatan Praktik di Unit Produksi terhadap Kesiapan Berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 4,608 > t tabel 1,973 pada taraf signifikansi 5%; (3) tidak terdapat pengaruh signifikan antara Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 0,954 > t tabel 1,973 pada taraf signifikansi 5%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi, dan Prestasi Praktik Kerja Industri secara bersama-sama terhadap Kesiapan Berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 83,294 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34990

Actions (login required)

View Item View Item