IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) TAMANAN KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL

Sari, Marlinda (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) TAMANAN KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Marlinda_12804244022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persiapan pembelajaran pendidikan kesetaraan, 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan, 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan kesetaraan, 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu ketua dan tutor di PKBM Tamanan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan kegiatan pembelajran di PKBM Tamanan berdasarkan standar kurikulum 2006 yang meliputi: 1) Tahap persiapan pembelajaran pendidikan kesetaraan sudah terlaksana dengan baik. Persiapan pembelajaran berupa penyusunan silabus yang dilakukan oleh tutor dikategorikan baik dengan persentase sebesar 68%, sedangkan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilakukan tutor juga sudah baik dengan persentase sebesar 67,5% 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan sudah terlaksana dengan baik dengan persentase rata-rata 63,5% yang berupa penyampaian materi dan latihan mengerjakan soal-soal dengan metode ceramah dan diskusi 3) Tahap evaluasi pembelajaran pendidikan kesetaraan sudah terlaksana dengan baik dengan persentase rata-rata 68,75% yaitu tutor menitikberatkan pada penilaian afektif dan kognitif 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan. Faktor pendukungnya yaitu adanya sarana prasarana yang cukup memadai untuk proses pembelajaran, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya motivasi warga belajar untuk mengikuti pembelajaran di PKBM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34986

Actions (login required)

View Item View Item