PENGARUH KESENIAN BALI TERHADAP BENTUK PENYAJIAN KESENIAN KUDA LUMPING DI DESA KENTENGSARI, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG

Delvi Saraswati, Delvi (2016) PENGARUH KESENIAN BALI TERHADAP BENTUK PENYAJIAN KESENIAN KUDA LUMPING DI DESA KENTENGSARI, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kesenian Bali terhadap bentuk penyajian kesenian Kuda Lumping di Desa Kentengsari, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua kesenian, penari dan pemusik. Objek penelitian ini adalah pengaruh kesenian Bali terhadap bentuk penyajian kesenian Kuda Lumping meliputi gerak, iringan, tata busana, tata rias, properti dan sesaji. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan teknik data reduction, data display dan data verification. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kesenian Bali terhadap bentuk penyajian kesenian Kuda Lumping, yaitu (1) volume gerak penari lebih lebar dengan mengangkat bahu serta dilakukan dengan keras dan patah-patah, (2) iringan menggunakan kendang dengan teknik bermain gaya Bali dan seleh gong gaya Bali, (3) busana yang dikenakan penari yaitu badong dan kain poleng, (4) rias yang digunakan penari adalah warna dasar orange dan hitam dengan mata melotot memberikan kesan tegas dan gagah, (5) properti yang digunakan adalah Leak, dan (6) sesaji menggunakan dupa dan air kelapa muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bentuk penyajian, kesenian Bali, Kuda Lumping
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 20 Jun 2016 01:28
Last Modified: 20 Jun 2016 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34976

Actions (login required)

View Item View Item