LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN

Aisah Puruhita, Aisah Puruhita (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. LAPORAN PPL-2015 (Aisah Puruhita).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL juga menjadi yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. PPL ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mahasiswa menggalilebih banyak ilmu, mendapatkan sebanyak-banyaknya pengalaman, dan mempraktikan ilmu dan teori yang telah di dapatkan di kampus. Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Muntilan. Sekolah ini berlokasi di Jl.Pemuda No. 161, Muntilan, Kabupaten Magelang. Selama melaksanakan PPL, kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Praktik mengajar terbimbing, 3) Praktik mengajar mandiri dengan spesifikasi mata pelajaran yang diajarkan yaitu Bahasa Inggris, serta 4) Pendampingan Kegiatan Sekolah. Dari berbagai kegiatan tersebut, nantinya terbagi menjadi dua pokok kegiatan yaitu (a) Kegiatan Mengajar dan (b) Kegiatan Non-Mengajar. Semua kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muntilan dan mendapatkan umpan balik dari guru pembimbing sehingga kedepannya mahasiswa akan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih siap untuk terjun langusng menjadi pendidik yang professional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muntilan memberikan manfaat yang sangat besar terhadap mahasiswa yang melaksanakan. Pengalaman dan pelajaran yang didapat tidaklah terbatasa mengenai pengalaman mengajar namun juga pengalaman di luar mengajar seperti pengalaman yang didapat dari lingkungan sekolah serta pengalaman social yang nantinya akan membangun mahasiswa menjadi pribadi yang lebih baik di masyarakat. PPL ini telah menjadi sarana untuk mepraktikan teori yang telah didapatkan di dalam kelas sekaligus menggali legih banyak ilmu praktis di lapangan. Segala pengalaman dan pelajaran yang diperoleh pada akhirnya akan memenuhi tujuan awal dari PPL yaitu mepersiapkan mahasiswa menjadi pendidi yang handal dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2016 01:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34974

Actions (login required)

View Item View Item