LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 14 SEPTEMBER 2013 LOKASI SMP N 4 MAGELANG

Istika Arum Kusuma Wardani, Istika Arum Kusuma Wardani (2013) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 14 SEPTEMBER 2013 LOKASI SMP N 4 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Cover.docx

Download (46kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
Laporan PPL Arum.docx

Download (68kB)

Abstract

Usaha perbaikan, pembaharuan, dan peningkatan efesiensi serta kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, tanpa terkecuali dalam hal ini mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi konsentrasi untuk ditingkatkan kualitasnya, sehingga penyelenggaraan mata kuliah PPL menjadi keharusan bagi universitas dan merupakan kewajiban bagi setiap calon sarjana SI kependidikan. Tujuan diadakannya program kegiatan PPL adalah untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru. Program-program yang diselenggarakan terfokus pada komunitas intirnal sekolah baik secara umum maupun khusus. Komunitas tersebut meliputi guru, peserta didik, karyawan, serta komite sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Kegiatan PPL mencakup pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP ) dan silabus, pembuatan media belajar serta mempersiapkan perangkat yang menunjang kegiatan belajar. Lokasi pelaksanaan PPL UNY 2013 berlokasi di SMP N 4 Magelang, Jln. Pahlawan No. 41 Kota Magelang Telp. (0293) 362338. Waktu Pelaksanaan PPL UNY 2013 dari tanggal 2 Juli – 14 September 2013. Kegiatan PPL pada umumnya mencakup hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas. Mata pelajaran yang diampu sesuai dengan program studi yang ditempuh praktikan dalam perkuliahan. Kelas yang diampu oleh praktikan yaitu VIII A, VIII C, dan VIII D untuk mata pelajaran IPA Fisika. Rincian jumlah mengajar praktikan yaitu mengajar materi “Gaya” yang terbagi menjadi empat pertemuan disertai tugas kelompok, tugas mandiri, serta ulangan harian dan materi “Energi dan Usaha” yang dijabarkan dalam empat kali pertemuan yang dilengkapi dengan tugas kelompok dan tugas mandiri bagi setiap peserta didik. Pembelajaran yang telah disampaikan disusun dan direncanakan berdasarkan PERMENDIKNAS tahun 2006 tentang SK dan KD IPA SMP/MTS sederajat. Selain kegiatan mengajar ,praktikan melakukan pembuatan media belajar berupa safety laboratorium, modul pembelajaran IPA terpadu, serta CD Pembelajaran berbasis macromedia flash. Jumlah kegiatan yang dilakukan praktikan sebanyak dua belas kali tatap muka, satu kali pos test, satu kali ulangan harian dengan delapan buah RPP. Kegiatan PPL memberikan pengalaman yang bermakna kepada praktikan dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, menjalin hubungan dengan kepala sekolah, guru dan karyawan, serta terutama dengan para peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 4 Magelang, pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34970

Actions (login required)

View Item View Item