MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR. INOTEK.

[img] Text
artikel_ppm_jetis2010.doc

Download (119kB)

Abstract

Budaya untuk menulis karya ilmiah bagi guru masih sangat rendah. Padahal menulis merupakan salah satu sarana guru untuk mengembangkan kemampuan profesionalnya. Guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan keilmuan secara berkelanjutan. Untuk dapat menulis dengan baik guru harus banyak membaca dan mengikuti berbagai forum akademik maupun non akademik sehingga kemampuan dan wawasannya terbuka. Sementara itu sebagai salah satu syarat bagi guru bila hendak naik pangkat menuju IVb harus mampu membuat karya ilmiah. Namun karena belum terbiasanya guru menulis, hal intu menjadi sebuah kendala tersendiri. Guna memaksimalkan pencapaian tujuan maka metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan kepada para guru SD di lingkungan UPT Pengelolaan Pendidikan Dasar Kecamatan Jetis Bantul. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian materi untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman guru tentang penulisan karya ilmiah. Setelah pemberian materi, para guru diminta menuangkan idenya dalam bentuk gagas tema dan ide, kemudian dibahas dan diberikan feedback untuk pengembangan tulisan secara berkelanjutan. Pelaksanaan Pelatihan diadakan di SDN 1 Sumberagun Jetis bantul selama 3 hari pada tanggal 16, 27, dan 30 Juli 2010 pukul 13.30 – 17.00 WIB dan dilakukan pembingan melalui internet(facebook dan email) bagi guru yang menghendaki. Pelaksanaan berlangsung dengan baik dan semua peserta mengikuti kegiatan dengan motivasi tinggi dan sungguh-sungguh. Hal ini nampak pada kehadiran mereka secara rutin selama tiga hari, meskipun cukup fluktuatif karena terdapat beberapa guru yang memiliki aktivita lainnya pada hari pelaksanaan dan banyaknya tulisan yang mereka buat. Dari target 15 tulisan terkumpul 17 tulisan. Pada hari pertama yang berisi aktivitas paparan dan gagas ide maupun tema tampak peserta antusias dan sering bertanya cara menemukan ide yang tepat, sehingga banyak pertanyaan pada pertemuan ini. Pada pertemuan kedua telah banyak karya mentah yang mereka hasilkan dan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karya ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah populer, pembimbingan intensif juga dilakukan pada pertemuan ini. Pada hari ketiga mereka telah mampu menyusun karya ilmiah yang layak untuk terbit, terbukti dari satu karya yang siap terbit dan 16 karya yang lain dalam proses revisi.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2012 07:22
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item