LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2013 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN

Eka Dwi Jayanti, Eka Dwi Jayanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2013 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. COVER.doc

Download (82kB)
[img] Text
2. Bab 1.doc

Download (64kB)
[img] Text
3. BAB I_II_III.doc

Download (198kB)

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah Mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikannya teori-teori tersebut dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melakukan pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sebagai upaya mempersiapkan pengalaman dan bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan yang sebenarnya. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2013 yang berlokasi di SMP N 1 Prambanan Klaten, mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2013 sampai tanggal 17 September 2013. Tahap kegiatan KKN dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program kepada pihak sekolah dan DPL dan pelaksanaan program yang direncanakan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar IPA. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar yang digunakan praktikan menggunakan metode diskusi (Cooperative learning), demonstrasi, ceramah, serta Tanya jawab. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi alat dan bahan praktikum, LKS, serta media pemebelajaran yang dibuat oleh praktikan sendiri. Pada praktik mengajar (PPL) di SMP N 1 Prambanan Klaten ini, praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar sebanyak 9 kali masuk kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B untuk mata pelajaran IPA-Fisika. Praktik mengajar di kelas dapat dikatakan berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain beberapa alat peraga rusak (karatan) karena jarang dipakai serta sulitnya menjaga konsentrasi siswa selama proses belajar mengajar agar selalu konsentrasi dalam belajar. Namun, semua itu merupakan sebuah proses pembelajaran guna menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Harapannya, mahasiswa KKN-PPL UNY 2013 tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga transfer of value sehingga diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34967

Actions (login required)

View Item View Item