PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KORBAN KDRT DALAM PELAKSANAAN PENDAMPINGAN BERBASIS PERSPEKTIF GENDER DI LSM RIFKA ANNISA YOGYAKARTA

Anida Lutfia, Anida (2016) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KORBAN KDRT DALAM PELAKSANAAN PENDAMPINGAN BERBASIS PERSPEKTIF GENDER DI LSM RIFKA ANNISA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Anida Lutfia_12102241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemberdayaan perempuan melalui kegiatan pendampingan pada korban KDRT di LSM Rifka Annisa Yogyakarta (2) dampak yang dialami korban KDRT setelah dilakukan pendampingan di LSM Rifka Annisa Yogyakarta (3) faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan perempuan dalam pelaksanaan pendampingan korban KDRT di LSM Rifka Annisa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian yaitu aktivitas pendamping Rifka Annisa. informan dalam penelitian ini adalah staf, pendamping, korban dan relawan Rifka Annisa. peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yang digunakan yaitu reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pemberdayaan perempuan dalam pelaksanaan pendampingan korban KDRT berbasis perspektif gender meliputi a) persiapan pelaksanaan pendampingan b) pelaksanaan pendampingan c) evaluasi pendampingan. (2) perkembangan yang dialami korban KDRT saat melakukan pendampingan terdiri dari dampak positif dan negatif. (3) faktor yang menghambat pelaksanaan pendampingan terhadap korban KDRT meliputi a) korban/klien KDRT b) keluarga korban c) komunikasi d) pelaku kekerasan e) kerja sama berjejaring. (4) faktor yang mendukung pelaksanaan pendampingan korban KDRT meliputi a) pendamping/konselor b) divisi-divisi Rifka Annisa c) fasilitas d) sarana prasarana yang diberikan untuk korban. (5) pendampingan yang diberikan kepada keluarga dan lingkungan untuk membantu proses pemberdayaan perempuan korban KDRT. Kata kunci : Pemberdayaan, Pendampingan, KDRT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 17 Jun 2016 05:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34966

Actions (login required)

View Item View Item