IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR’AN ‘AISYIYAH JATIMULYO, KRICAK, TEGALREJO, YOGYAKARTA

Karisma Kurniyanto Bidayah, risma (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR’AN ‘AISYIYAH JATIMULYO, KRICAK, TEGALREJO, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_KARISMA KURNIANTO BIDAYAH_1210224019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Diniyah Al-Qur’an ‘Aisyiyah (MDAA) Jatimulyo, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta, (2) Mengetahui nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di MDAA, (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter di MDAA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Direktur Madrasah, Ustadz/Ustadzah, dan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu oleh pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui pengamatan terus menerus, trianggulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter di MDAA: (a) MDAA menggunakan kurikulum kurikulum Madrasah Diniyah Tahun 1983 diadaptasi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang memiliki dasar pada ketentuan yang ditetapkan dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan dan PP No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Struktur kurikulum MDAA Jatimulyo mengandung nilai pendidikan karakter. (b) Nilai karakter pada Rancangan Proses Pembelajaran (RPP) dibuat dan dikembangkan oleh wali kelas. (c) Strategi pendidikan karakter yang digunakan ialah penegakan disiplin, pujian dan hadiah, penugasan, dan permaianan. (d) Pelaksanaan pendidikan karakter didalam kelas dikembangkan melalui kegiatan spontan, kegiatan rutin, dan pengkondisian, (2) Nilai karakter yang dikembangkan ialah taqwa, suci, al-munfiqun, kejujuran, kritis, sehat dan bersih, peduli, hormat dan santun, kedisiplinan, cerdas, gotong royong, dan kemandirian, (3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter di MDAA Jatimulyo yaitu: lingkungan Madrasah yang nyaman, dukungan direktur Madrasah, semangat belajar santri, dukungan wali santri, motivasi antar ustadzah, keistiqomahan ustadzah dalam mengabdi dan program yang terdapat di MDAA Jatimulyo. Faktor penghambat yaitu: latar belakang pendidikan ustadz/ustadzah, kuantitas ustadzah yang tidak sebanding dengan jumlah santri, faktor lingkungan santri yang kurang mendukung, dan jumlah jam pembelajaran yang kurang. Kata kunci : pendidikan karakter, nilai – nilai, Madrasah Diniyah Al-Qur’an ‘Aisyiyah Jatimulyo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 17 Jun 2016 03:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34957

Actions (login required)

View Item View Item