PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Aprilia Sutopo, Lita (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash dan meningkatkan motivasi bagi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta pada kompetensi dasar Membuat Jurnal Penyesuaian; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Adobe Flash berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa dari aspek materi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman; serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Adobe Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Media Pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 guru akuntansi, dan 31 siswa uji coba lapangan. Pengukuran motivasi siswa dilakukan terhadap 31 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Yogyakarta sebagai subjek uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Media Pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash yaitu: 1) Analysis, 2) Design (Perancangan), 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation.Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Adobe Flash berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,92 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4 yang termasuk dalam kategori Layak, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,18 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Modul interaktif berbasis Adobe Flash juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta terbukti dengan peningkatan sebelum dan setelah menggunakan modul interaktif berbasis Adobe Flash sebesar 2,99 kategori “Tinggi” menjadi 3,50 kategori “Sangat Tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Interaktif, Adobe Flash, Motivasi Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34950

Actions (login required)

View Item View Item