PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FOTO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Ayrien Hayuwari, Deashara (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FOTO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Komik Foto sebagai Media Pembelajaran pada materi Aktiva Tetap bagi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2015/2016; mengetahui kelayakan media pembelajaran akuntansi komik foto sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Akuntansi (guru dan siswa); serta mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa setelah pengembangan Komik Foto pada materi Aktiva Tetap. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian Komik Foto untuk ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru dan siswa), angket motivasi belajar akuntansi awal dan akhir. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media dan ahli materi, untuk data kuantitatif berupa data penilaian media dan analisis peningkatan motivasi belajar siswa. Analisis skor menjadi nilai menggunakan skala empat. Peningkatan motivasi belajar siswa dengan gain score. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, berdasarkan analisis produk yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam materi aktiva tetap adalah media pembelajaran komik foto. 2) Design, pada tahap ini peneliti mengumpulkan data dan materi, membuat ringkasan cerita, pembuatan storyline, dan photo shoot dilanjutkan pada tahap pengembangan media pembelajaran komik foto aktiva tetap 3) Development, pada tahap ini dilakukan penilaian dan evaluasi media pembelajaran komik foto . Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Komik Foto berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata 3,8 termasuk dalam kategori Sangat Layak 2) Ahli Media diperoleh rata-rata 3,37 termasuk dalam kategori Sangat Layak 3) Praktisi pembelajaran akuntansi (guru) diperoleh rata-rata 3,3 termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian (siswa) 3,15 termasuk dalam kategori Sangat Layak 4) Implementation, pada tahap ini siswa terlihat sangat antusias, tidak ada yang mengobrol dalam pembelajaran menggunakan Media Komik Foto. 5)Evaluate, pada tahap ini diketahui bahwa Media Pembelajaran Komik Foto dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas XI Ak 2 SMK Negeri 1 Godean sebesar 0,42 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Komik Foto, Motivasi Belajar Siswa, ADDIE
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:18
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34948

Actions (login required)

View Item View Item