LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMAN 1 MUNTILAN

: Achmad Muslih Chabib, : Achmad Muslih Chabib (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMAN 1 MUNTILAN. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Kata Pengantar, Daftar isi, Abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I, II, III muslih.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

0 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. SMAN 1 Muntilan berlokasi di Dusun Tamanagung, Muntilan, Kabupaten Magelang merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Program PPL di SMAN 1 Muntilan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 22 kali untuk 4 kelas. yaitu kelas XI IIS 1, XI IIS 2, XI IIS 3, dan XI IIS 4. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, dan presentasi. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, salah satu contohnya adalah masih banyaknya siswa yang kurang memperhatikan proses pembelajaran seperti ribut, bermain handphone, tidur dan lain sebagainya. Namun setelah di beri pendekatan internal, siswa tersebut dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:07
Last Modified: 17 Jun 2016 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34945

Actions (login required)

View Item View Item