LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

Winda Arwin Setyani, Winda Arwin Setyani (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I, II, III , daftar pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendharmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Mata kuliah PPL mempunyai kegiatan yang terrkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMAN 1 Muntilan yang berlokasi di Dusun Tamanagung, Muntilan, Kabupaten Magelang. SMAN 1 Muntilan merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Program PPL di SMAN 1 Muntilan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL dimulai dengan penerjunan tanggal 10 Agustus. Tahap persiapan yaitu antara lain membuat rancangan pembelajaran, bimbingan dengan guru dan dosen pembimbing, dan menyiapkan media pembelajaran. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yaituhari Senin, Selasa, dan Rabu. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 16 kali untuk 2 kelas. yaitu kelas XI MIA 1, dan XI MIA 2. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, dan presentasi. Demi kelancaran pembelajaran, didukung dengan media berupa LKS, dan alat untuk demonstrasi. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, di akhir pembelajaran dilakukan evaluasi. Selama proses PPL di sekolah banyak kendala dan hambatan yang diterima di antaranya dalam pengelolaan kelas dikarenakan peserta didik banyak yang tidak fokus. Banyak acara sekolah sehingga terpaksa memulangkan awal peserta didik, sehingga kurang kondusif selama pembelajaran. Namun hal ini dapat ditangani dengan solusi yang baik dari praktikan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat pangalaman dalam bidang pembelajaran di sekolah sehingga kompetensi keguruan atau pendidikan berkembang. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34944

Actions (login required)

View Item View Item