DAYA SERAP SISWA SMK NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA

Alami, Pratiwi (2016) DAYA SERAP SISWA SMK NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Alami Pratiwi 10505247004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

DAYA SERAP SISWA SMK NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA Oleh Alami Pratiwi NIM 10505247004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa tinggi daya serap siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya; (2) mengetahui minat belajar siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya; (3) mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya di SMK Negeri Kota Yogyakarta; dan (4) mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran terhadap daya serap siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya. Penelitian ini merupakan penilitian Ex Post Facto dengan populasi siswa kelas XI dan kelas XII SMK Negeri 2 Yogyakarta kompetensi keahlian Gambar Bangunan, serta siswa kelas XI kompetensi keahlian Konstruksi Kayu dan kompetensi keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 149 orang. Pengumpulan data daya serap siswa dilakukan dengan dokumentasi nilai ujian semester genap dari guru pengampu, sedangkan untuk mengetahui minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran dilakukan menggunakan kuesioner/angket. Uji validitas instrumen faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap melalui uji validitas logis, yakni melalui Expert Judgement (penelaahan isi oleh pakar) dan uji validitas empiris yakni analisis butir. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Indeks reliabilitas minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 0,913. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap siswa SMK Negeri di Kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya berada pada tingkat keberhasilan kurang, yaitu sebesar 74,36. Untuk minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya di SMK Negeri Kota Yogyakarta, sama-sama berada pada kategori kuat. Meskipun demikian kinerja guru dalam pembelajaran lebih kuat dibanding dengan minat belajar siswa, yaitu sebesar 69,33%. Sedangkan minat belajar siswa sebesar 68,78%. Sumbangan efektif yang diperoleh dari minat belajar siswa sebesar 6,4%, kinerja guru dalam pembelajaran 5,8%, dan 87,8% yang dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dan tidak diteliti pada penelitian ini. Kata kunci : daya serap siswa, rencana anggaran biaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jun 2016 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 09:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34935

Actions (login required)

View Item View Item