LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID

ATHA YESSY SAPUTRI, ATHA YESSY SAPUTRI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
4. ATHA YESSY SAPUTRI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teoriteori yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih sebagai bekal di masa depan ketika mereka akan terjun di dunia pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah. Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 di SMP Negeri 1 Kota Mungkid sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Kota Mungkid ini, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran IPA di kelas VII A, VIII A dan VIII B. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas setiap hari Senin jam ke 4-8, hari selasa jam ke 1-2, 4-5, 7 dan hari rabu jam ke 5-9. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Sekolah, IPA, VII A, VIII A, VIII B
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 17 Jun 2016 01:25
Last Modified: 17 Jun 2016 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34930

Actions (login required)

View Item View Item