LATIHAN PENULISAN ILMIAH POPULER BAGI SISWA SMA/SMK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA BERPIKIR KRITIS PADA REMAJA

Nurhadi, M.Hum. LATIHAN PENULISAN ILMIAH POPULER BAGI SISWA SMA/SMK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA BERPIKIR KRITIS PADA REMAJA. INOTEK.

[img] Text
Artikel_Jurnal_INOTEK.rtf

Download (483kB)

Abstract

ABSTRAK Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan menulis ilmiah populer dalam berbagai aspek. Pelatihan ini diberikan dengan sasaran siswa Sma/SMK di wilayah DIY. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini antara lain: ceramah, tanya jawab, praktik, dinamika kelompok, dan tutorial. Pelatihan berlangsung 2 hari untuk penyajian materi dan dinamika kelompok, lalu dilanjutkan penugasan yang diiringi dengan model tutorial. Peserta sejumlah 114 peserta yang berasal dari berbagai SMA/SMK/MAN di wilayah DIY. Evaluasi dilakukan secara produk, proses, dan kebermanfaatan. Waktu kegiatan ádalah 3 bulan dan bertempat di UNY (FBS) dan BPPO Prov. DIY. Berdasar analisis hasil tulisan dan hasil praktik peserta dapat dikatakan bahwa peserta telah berhasil baik mengikuti pelatihan ini. Semua peserta (100%) mampu mengungkap hal menarik di sekitarnya untuk menjadi ide dalam tulisan. Terkumpul 25 tulisan (kelompok) ilmiah. Tulisan ilmiah yang dibuat juga cukup berkualitas. Dari peserta yang mengumpulkan tulisan, dari 25 tulisan, dapat terdeteksi tulisan yang masuk kategori baik ada 21 tulisan yang sudah tertata baik, sistematis dan argumentatif. Artinya, 84 % tulisan telah sesuai yang diharapkan. Ide tulisan kreatif, inovatif, dan menarik. Kajian sosial, humaniora, dan eksakta tertuang baik. Hanya ada 3 tulisan yang kurang pas sesuai bidangnya. Artinya 88% peserta pelatihan telah mampu mengolah masalah menjadi tulisan yang layak. Namun, masih banyak kesalahan terkait tata ejaan dan kaidah penulisan yang baik. Selama kegiatan pelatihan peserta antusias, bersemangat, responsif, aktif, dan kompetitif. Dari aspek kebermaknaan kegiatan ini dapat dikatakan bahwa adanya kepuasan dari beberapa pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Mencermati beberapa tulisan peserta, dapat dilihat bahwa budaya berpikir kritis mulai terbangun baik. Hal ini menjadi suatu indikasi budaya kritis yang makin berkembang baik pada remaja yang harapannya dapat memberi pencerahan bagi bangsa kita di masa yang akan datang. Kata Kunci: tulisan ilmiah populer, siswa, budaya berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2012 07:18
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item