LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

ZARINAH AZI IRNANI, ZARINAH AZI IRNANI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Zarinah Azi Irnani.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG telah dilaksanakan pada tangga 10 Juli-12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 4 mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran ,Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah di laksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015, Pokok bahasan untuk kelas X ADP untuk mata pelajaran Mengelola Peralatan Kantor yang diajarkan meliputi Pengertian Peralatan Kantor, Mesin-mesin kantor, Perbekalan kantor, Perabotan kantor, Alat bantu peraga,Interior, Pengertian Pengadaan Perbekalan Kantor, Langkah-langkah Pengadaan Peralatan kantor, Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor, dan Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengadaan peralatan kantor, untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Administrasi Perkantoran yang diajarkan meliputi Pengertian Administrasi, Unsur-unsur Administrasi, Fungsi Administrasi, Pengertian Kantor, Tujuan Kantor dan Fungsi Kantor ,untuk Kelas XI AP mata pelajaran Kesekretarisan bahsan pokoknya yaitu Pengertian Sekretaris, Kedudukan dan Peran Sekretaris, Tugas-tugas sekretaris, Persyaratan Sekretaris, Penampilan Sekretaris. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, Media yang digunakan adalah buku tentang materi, laptop, LCD, dan papan tulis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurangnya sumber untuk menyampaikkan teori dari siswa karna hanya sumber di internet dan beberapa buku, 2. Karena ditekankan siswa aktif dalam proses belajar mengajar maka untuk membuat semua siswa aktif sangat sulit hanya beberapa yang aktif dalam kelas. Secara umum, program-program dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Mahasiswa berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai referensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 08:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34910

Actions (login required)

View Item View Item