LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

Irma Rohmi Wahyunita, Irma Rohmi Wahyunita (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Irma Rohmi Wahyunita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan kompetensi sebagai calon tenaga pendidik, mulai dari kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian. Kegiatan PPL telah dilaksanakan dengan adanya berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan perangkat pembelajaran, konsultasi perangkat pembelajaran, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar telah dilakukan 1 kali tatap muka per minggu selama 2 minggu untuk kelas XI keahlian administasi perkantoran, 2 kali tatap muka per minggu selama 3 minggu untuk kelas XII keahlian administrasi perkantoran 1 dan 2 dengan 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan mengampu 2 kelas yaitu kelas XI AP dan XII AP 1 dan XII AP 2 dengan mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMK Muhammadiyah Magelang ini dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan program-program berjalan dengan lancar. Namun dalam pelaksanaannya tentu ada beberapa hambatan yang timbul, antara lain yaitu dalam pengelolaan waktu dan pengelolaan kelas. Namun semua hamabtan tersebut dapat diatasi dengan baik. Dalam pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang, kegiatan non-mengajar mendominasi daripada kegiatan mengajar, kegiatan non-mengajar yang sangat mendominasi antara lain pembuatan mobil karnaval, pengadaan lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, dan membantu melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk akreditasi sekolah. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL dapat petik hasil oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguaruan dalam bidang Pendidikan Adminitrasi Perkantoran yang diperoleh dibangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan yang dapat dijadikan landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 08:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34906

Actions (login required)

View Item View Item