LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

Evry Hardiyaningtyas, Evry Hardiyaningtyas (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Evry Hardiyaningtyas.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu sama lain dengan lainnya dalam rangka mengambangkan kompetensi mahasiswa sebbagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dlaam bidangnya memungkinkan keterampilan, kemandirian , tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah . Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan dan pendanaan yang efisien dan efektif. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMK Muhamadiyah kota Magelang yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. SMK Muhammadiyah Magelang beralamat di Jln. Tidar No.21 Kota Magelang. Sekolah ini terhitung telah memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar mata pelajaaran yang sesuai dengan bidangnya. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain program semester, program tahunan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 11 September 2015. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi mengajar minimal 6 kali dalam praktiknya dengan alokasi waktu 3x45 menit setiap pertemuan. Hasil yang dipereoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman yaitu berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran , proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34902

Actions (login required)

View Item View Item