Rumyati, Rumyati (2016) Perakitan Tes Otomatis (PTO) Berdasarkan Fungsi Informasi. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-rumyati-08701269009.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan bank soal matematika SMA program IPA yang terkalibrasi dengan IRT, (2) mengembangkan program aplikasi Perakitan Tes Otomatis (PTO) berdasarkan fungsi informasi, (3) mengetahui kesetaraan beberapa paket soal yang dihasilkan dari perakitan dengan menggunakan program Perakitan Tes Otomatis, dan (4) mengembangkan program aplikasi CBT untuk mengelola bank soal dan mengujikan paket soal hasil perakitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan atas delapan prosedur pengembangan, yang meliputi: (1) identifikasi kebutuhan, (2) pengembangan produk tahap awal, (3) pengujian hasil tahap awal, (4) revisi produk tahap awal, (5) uji coba skala terbatas, (6) analisis dan revisi produk utama, (7) uji coba skala lebih luas, dan (8) revisi produk akhir. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli psikometri, dan ahli IT melalui Focus Group Discussion. Uji coba Perakitan Tes Otomatis untuk skala terbatas dan skala yang lebih luas berturut-turut oleh enam dan 15 orang guru. CBT diuji cobakan kepada 160 siswa. Kuesioner diberikan kepada para pakar, guru, dan siswa. Validitas Aiken’s dari respon kuesioner pakar dan guru berturut-turut berada pada rentangan 0,50 – 0,88 dan 0,53 – 0,93 dan koefisien intraclass dari kuesioner pakar sebesar 0,868. Reliabilitas Alpha Cronbach kuesioner guru dan siswa berturut-turut berada pada rentangan 0,761 – 0,879 dan 0,653 – 0,742. Hasil perbandingan antara skor rata-rata dengan ideal mean untuk setiap komponen yang dinilai digunakan untuk memperoleh informasi tentang kategori penilaian dari data kuesioner oleh responden pakar, guru, dan siswa. Penelitian ini menghasilkan empat temuan. (1) Bank soal matematika SMA program IPA yang terkalibrasi dengan IRT. (2) Program aplikasi Perakitan Tes Otomatis yang dapat merakit beberapa paket soal setara berdasarkan fungsi informasi. (3) Tingkat kesetaraan beberapa paket soal hasil perakitan ditunjukkan oleh grafik fungsi informasi tes yang identik dan didukung dengan perhitungan statistik berikut: a) rerata dan standar deviasi parameter butir yang homogen, b) rerata dari perbedaan parameter butir yang kecil, c) korelasi fungsi informasi tes antarpaket soal yang tinggi, d) rerata dan MSE dari perbedaan fungsi informasi paket soal yang kecil atau ≤ 0,05, dan e) nilai efisiensi relatif antarpaket soal yang mendekati satu. (4) Program aplikasi CBT untuk mengelola bank soal dan untuk mengujikan paket soal setara kepada siswa yang dilengkapi dengan pelaporan berupa detail hasil ujian dan keberhasilan indikator
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bank soal, PTO, common items, efisiensi relatif |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:10 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 03:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34896 |
Actions (login required)
View Item |