Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Elaboration Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA

Kusumawati, Asti Dwi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Elaboration Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asti-dwi-kusumawati-14726251043.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis Elaboration Learning yang layak digunakan dalam pembelajaran, dan (2) meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah melalui pembelajaran berbasis Elaboration Learning. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang meliputi (1) pengumpulan informasi, (2) perancangan, (3) pengembangan awal produk, (4) uji coba terbatas, (5) revisi hasil uji coba terbatas, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi hasil uji coba lapangan. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 34 peserta didik di sekolah homogen khusus perempuan kelas XI MIPA 3 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas ekperimen terdiri atas 35 peserta didik kelas XI MIPA 2 dan pada kelas kontrol terdiri atas 35 peserta didik kelas XI MIPA 1 di sekolah yang sama. Pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep, angket sikap ilmiah, observasi sikap ilmiah, angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang terdiri atas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kegiatan peserta didik (LKPD), tes pemahaman konsep (TPK), lembar keterlaksanaan RPP, lembar angket sikap ilmiah, lembar observasi sikap ilmiah, dan lembar angket respon peserta didik. Menurut ahli dan praktisi, perangkat pembelajaran tersebut layak digunakan, dengan kategori “sangat baik”. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana, dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis Elaboration Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik dengan nilai signifikansi terhitung 0,003 (p = 0,003  0,05)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, elaboration learning, pemahaman konsep, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:58
Last Modified: 09 May 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item