Pengaruh Kultur Sekolah, Konsep Diri, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta

Zahrawati, Fawziah (2016) Pengaruh Kultur Sekolah, Konsep Diri, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fawziah-zahrawati-14705251028.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta sejumlah 2.706 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling dengan rumus Slovin pada α = 0,05 diperoleh sebesar 366. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Validitas kuesioner diukur berdasarkan construct validity dengan Confirmatory Factor Analysis. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) kultur sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 23,3%; (2) konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 22,1%; (3) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 12,5%; dan (4) kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan sebesar 36,2%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kultur sekolah, konsep diri, status sosial ekonomi orang tua, perilaku konsumtif
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:43
Last Modified: 09 May 2019 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34892

Actions (login required)

View Item View Item