Wijayanto, Anjar (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dan Tipe Jigsaw Ditinjau dari Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-anjar-wijayanto-13706251039.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan pertama yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table ditinjau dari motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar menulis cerpen, kedua yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ditinjau dari motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar menulis cerpen, ketiga yaitu interaksi pengaruh model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan faktorial desain 2x2. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe round table dan tipe jigsaw, variabel atributnya motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, variabel terikatnya hasil belajar menulis cerpen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian melalui metode tes kinerja berupa lembar penugasan menulis cerpen dan metode nontes berupa angket motivasi belajar. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahli (expert jugdgement). Teknik antarrater dan alpha Cronbach digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen. Teknik analisis yang digunakan adalah Anava pada taraf signifikansi α = 0,05 SPSS 16.0. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Temuan pertama yaitu terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe round table antara siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar menulis cerpen dengan nilai (F = 240,625) dan nilai signifikansi (p) 0,00 < 0,05, kedua yaitu terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw antara siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar menulis cerpen dengan nilai (F = 147,035) dan nilai signifikansi (p) 0,00 < 0,05, ketiga yaitu tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis cerpen dengan nilai (F = 0,053) dan nilai signifikansi (p) 0,818 > 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya perbedaan motivasi belajar menyebabkan perbedaan hasil belajar menulis cerpen, sedangkan perbedaan penggunaaan model pembelajaran kooperatif tidak
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kooperatif, Tipe Round Table, Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Menulis Cerpen |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:28 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34890 |
Actions (login required)
View Item |