LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 11 SEPTEMBER 2015 SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN

Yogi Ardi Setiawan, Yogi Ardi Setiawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 11 SEPTEMBER 2015 SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Yogi Ardi S.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mertoyudan mulai tanggal 10 Agustus hingga 11 September 2015. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan RPP, dan pembuatan media pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 11 Agustus 2014 sampai tanggal 3 September 2015. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Selasa (Jam ke 1, 2, 3) di kelas XI IPA 4 dan (jam ke 4, 5, 6) di kelas XI IPA 3 serta Kamis (Jam ke 1, 2, 3) di kelas XI IPA 1 dan (jam ke 10, 11, 12) di kelas XI IPA 2 mengajar pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dengan materi “Permainan Bola Besar, Atletik dan Senam Lantai” (Mempraktikan permainan sepak bola, bola voli, jalan cepat dan guling depan). Pengajaran dilakukan dengan cara Mengajar Terbimbing. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun, hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan programnya. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, guru, karyawan dan siswa SMA Negeri 1 Mertoyudan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan UNY. UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34884

Actions (login required)

View Item View Item