Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 4 Yogyakarta

Suri Nurkholifah, Suri Nurkholifah (2015) Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ISI.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan peningkatan kualitas tenaga pendidik di Indonesia membuat kompetensi sebagai seorang guru ikut meningkat. Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan salah satu universitas pencetak calon guru, mewajibkan mahasiswa-mahasiswa kependidikan untuk mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III di sekolah. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirin, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional menjadikan mata pelajaran ini penting adanya. Praktik pengajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan berbagai jurusan membuat materi yang diajarkan nantinya harus disesuaikan dengan ruang lingkup dan kebutuhan bahasa Inggris bagi peserta didik di dunia kerja nantinya. Oleh sebab itu, kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Yogyakarta bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris-S1 diadakan untuk memperoleh pengalaman dalam mengajarkan bahasa Inggris di berbagai latar belakang dan jurusan yang berbeda. Sebelum diterjunkan di lokasi PPL, mahasiswa melakukan analisis situasi dan perumusan program dan rancangan kegiatan. Pelaksanaan PPL yang sudah dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta merupakan praktik mengajar terbimbing yang aplikasinya di bawa bimbingan guru dan dosen pembimbing lapangan. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 dengan empat Kompetensi Dasar yang dicapai dan dilaksanakan di lima kelas, yaitu kelas XI Tata Boga 2, XI Tata Kecantikan Rambut 1, XI Tata Kecantikan Kulit 2, XI Akomodasi Perhotelan 2, dan XI Tata Busana 4. Kegiatan praktik mengajar terbimbing dimulai dari pembuatan RPP, pemilihan materi, pemilihan media, uji coba RPP, pelaksanaan RPP, evaluasi, dan penilaian hasil belajar siswa. Kegiatan PPL berlangsung dengan baik dan lacar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, Kurikulum 2013, PPL, SMK
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34879

Actions (login required)

View Item View Item