LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) LOKASI SMA N 1 MERTOYUDAN

Dyah Ratnasari A., Dyah Ratnasari A. (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) LOKASI SMA N 1 MERTOYUDAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU DYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

K Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program kegiatan untuk mahasiswa jurusan kependidikan sebagai pelengkap kompetensi calon pendidik. Melalui PPL mahasiswa memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan proses mengajar maupun administrasi sekolah, selain itu dengan PPL para mahasiswa dapat melatih kesiapan dan mental dalam menghadapi suasana kelas maupun diluar kelas, karena dapat terjun langsung dalam proses di sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mertoyudan, Magelang mulai Senin, 10 Agustus 2015 hingga Jumat, 11 Septerber 2015. Berkaitan dengan kebijakan pemerintah Jawa Tengah, khususnya di Magelang, kegiatan belajar mengajar menjadi 5 hari kerja, maka kegiatan PPL yang semula selesai pada 12 September 2015 dimajukan menjadi tanggal 11 September 2015. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra-PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan observasi sekolah sehingga memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Program yang telah dilaksanakan antara lain: Pembuatan Perangkat Pembelajaran, Pembuatan Media Pembelajaran, Praktik mengajar kelas X IPS 5, XI IPA 4, dan XII, serta pembuatan bel pergantian pelajaran atas saran dan permintaan sekolah.. Serangkaian program kerja PPL SMA Negeri 1 Mertoyudan telah terlaksana dengan baik, meski terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Secara umum hambatan tersebut dapat diatasi sehingga tidak mengganggu kelancaran kegiatan PPL. Kelancaran pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari kerjasama dari seluruh civitas Sekolah dan mahasiswa PPL

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, UNY.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34876

Actions (login required)

View Item View Item