LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 4 Yogyakarta

Rahmawati Nur Chasanah, Rahmawati Nur Chasanah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 4 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text
3. cover-abstrak chibi 2015.doc

Download (40kB)
[img] Text
4. BAB I chibi.docx

Download (30kB)
[img] Text
5. BAB II chibi.docx

Download (37kB)
[img] Text
6. BAB III chibi PENUTUP.docx

Download (24kB)

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 4 Yogyakarta ini bertujuan untuk 1. Mendapatkan bimbingan pra PPL untuk mahasiswa dalam mengajar, 2. Memperluas wawasan, peningkatan keterampilan, kemandirian dan tanggung jawab dengan melakukan persiapan PPL, 3. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan PPL mengenal, mempelajari, dan memecahkan masalah pada proses pembelajaran dikelas, 4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ketrampilan dan wawasan yang dimiliki dengan berpartisipasi dalam kegiatan persekolahan. Pada tanggal 10 Agustus 2015, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan yang dilakukan pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki pra PPL dan PPL. Kegiatan Pra PPL meliputi : sosialisasi, koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan manejerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan progam kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Progam PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada progam keahlian Tata Busana. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan diskusi, dengan tambahan penggunaan media, serta evaluasi. Pelaksanaan praktik PPL mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta selama 1 bulan mendapatkan hasil observasi potensi pengembangan sekolah yaang sudah cukup memadai, observasi proses pembelajaran kelas XI dan XII yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas XI Busana 3 dan XII Busana 4 mata pelajaran Desain Busana. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar penilaian, materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout/jobsheet, dan media pembelajaran berupa power point yang dikonsultasikan terlebih dahulu pada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan pengajaran busana selama lima minggu, dengan jadwal mengajar Desain Busana setiap hari Rabu untuk kelas XI Tata Busana 3 dan Sabtu untuk kelas XII Tata Busana 4 dengan total delapan kali mengajar 3 jam pelajaran @45 menit (@45 menit x 3 x 8 = 1080 menit). Mahasiswa juga mengikuti kegiatan belajar guru setiap hari Senin di kelas X Tata Busana 3 untuk mata pelajaran Dasar Teknik Menjahit, Kamis dan Jum’at di kelas XI Tatat Busana 3 untuk mata pelajaran Busana Industri. Kegiatan lain yang dilakukan adalah piket setiap hari selasa, upacara bendera, upacara hari nasional, menata display serta berpartisipasi dalam persiapan Karnaval JFW 2015 yang diikuti oleh SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Tata Busana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34875

Actions (login required)

View Item View Item