LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Jane Maureen, Jane Maureen (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_INDIVIDU ORIN-1.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mertoyudan yang terletak di Jalan Pramuka, Pancaarga, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari permasalahan di sekolah yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran kimia pada khususnya. Kegiatan Praktik Pengalamam Lapangan (PPL) dilakukan secara bertahap, mulai dari pembekalan, penerjunan, hingga penyusunan laporan. Kegiatannya meliputi praktik mengajar dan kegiatan lain yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dilakukan di kelas X MIA 1 dan X MIA 4 dengan total jam mengajar 22 jam. Sedangkan jam tambahan mengajar sebanyak 8 jam di XI MIA 4, XII MIA 3, dan XII MIA 4 dilakukan karena guru kimia sedang melakukan tugas sehingga berhalangan mengajar. Hasil yang dicapai selama PPL ialah praktikan memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru dan dosen pembimbing sehingga segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat menerapkan ilmu secara langsung dalam kegiatan pembelajaran; mahasiswa dapat memahami permasalahan yang mungkin timbul dalam kegiatan pembelajaran di sekolah serta cara mengatasinya; dan mahasiswa dapat melatih keterampilannya untuk menjadi pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34874

Actions (login required)

View Item View Item