LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Retno Wulandari, Retno Wulandari (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Abstrak.doc

Download (72kB)
[img] Text
Pendahuluan, Isi, Penutup.doc

Download (194kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1-Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta yang bertujuan untuk : 1) Mendapatkan informasi, pengetahuan dan memperluas wawasan dalam kegiatan Pra PPL 2) Mendapatkan pembelajaran dalam persiapan Praktik Pengalaman Lapangan, 3) Mendapatkan kesempatan untuk melaksanaakan PPL dan 4) Mengikuti Kegiatan Persekolahan selama Praktik pengalaman Lapangan. Pada tanggal 10 Agustus 2015, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan yang dilakukan pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini meliputi kegiatan Pra PPL, Persiapan PPL, Pelaksanakan PPL dan Kegiatan Persekolahan. Kegiatan Pra PPL diantaranya sosialisasi, koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan manejerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan program kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan PPLyang dilaksanakan yaitu pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL meliputi penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakuakan dalam PPL adalah praktik mengajar pada Program Keahlian Tata Busana. Pembelajaran yang dilakuakan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan diskusi dengan tambahan penggunaan media serta evaluasi. Pelaksanaan praktik PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL di SMK Negeri 4 Yogyakarta selama 1 bulan atau 5 minggu mendapatkan hasil observasi potensi pengembangan sekolah yang sudah cukup memadai dan observasi proses pembelajaran kelas XI dan XII yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar kelas XI Busana 3 dan XII Busana 3. Sebelum mahasiswa melakuakn praktik mengajar mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar penilaian, materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout atau jobsheet dan media pembelajaran berupa powerpoint maupun contoh produk yang dikonsultasikan terlebih dahulu pada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar selama lima minggu dengan jadwal mengajar Pembuatan Pola kelas XI Busana 3 untuk 3 pertemuan x 4 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap kali tatap muka (3 x 4 x 45 = 540 menit), jadwal mengajar pembuatan hiasan kelas XII Busana 3 setiap hari selasa, rabu, kamis dan jum’at untuk 4 pertemuan x 6 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap kali tatap muka (4 x 6 x 45 = 1.080) dan pembuatan busana costum made kelas XII Busana 3 setiap hari selasa, da kamis untuk 2 pertemuan x 2 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap kali tatap muka (2 x 2 x 45 = 180 meni). Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah piket setiap hari kamis, upacara bendera dan berpartisipasi dalam penataan display busana di gedung Rumpun Busana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Program Keahlian Tata Busana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34873

Actions (login required)

View Item View Item