LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Ayu Suryani, Ayu Suryani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL AYU SURYANI.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 4 Yogyakarta bertujuan untuk : 1) Mendapatkan informasi, pengetahuan dan memperluas wawasan dalam kegiatan Pra PPL, 2) Mendapatkan pengetahuan pembelajaran dalam persiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 3) Mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 4) Mengikuti kegiatan sekolah selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tanggal 10 Agustus 2015, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan yang dilakukan pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terdiri dari kegiatan pra PPL, persiapan PPL, pelaksanaan PPL dan kegiatan persekolahan. Kegiatan Pra PPL meliputi: sosialisasi, koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan manajerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan program kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Pelaksanaan program PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada program keahlian Tata Busana dengan mata pelajaran Pembuatan Busana Costum Made dan Pembuatan Hiasan Busana. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan dengan tambahan menggunakan media power point serta evaluasi. Pelaksanaan praktik PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Sidikan No.60, Umbulharjo Yogyakarta selama 1 bulan dengan mendapatkan hasil observasi potensi pengembangan sekolah yang sudah memadai, observasi proses pembelajaran kelas XI Program Keahlian Tata Busana yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas XII Busana 2, untuk mata pelajaran Pembuatan Busana Costum Made dan Pembuatan Hiasan Busana. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar evaluasi, lembar penilaian, media pembelajaran berupa power point dan materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout/jobsheet yang telah dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar selama 4 minggu dengan jadwal mengajar mata pelajaran Pembuatan Hiasan setiap hari Selasa selama tiga kali pertemuan, 6 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap pertemuan (3 x 6 x 45 menit = 810 menit). Mengajar mata pelajaran Pembuatan Busana Costum Made setiap hari Rabu selama tiga kali pertemuan, 2 jam pelajaran x 45 menit untuk setiap pertemuan (3 x 2 x 45 menit = 270 menit). Mengikui pendampingan guru mengajar setiap hari Rabu dan Jum’at. Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah piket dan upacara bendera setiap hari Senin serta penataan almari display yang ada di gedung rumpun busana SMK N 4 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Program keahlian tata busana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34870

Actions (login required)

View Item View Item