LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 4 YOGYAKAKARTA

Batista Ghalegazia, Batista Ghalegazia (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 4 YOGYAKAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman judul,halaman pengesahan,kata pengantar,daftar isi,daftar tabel,abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-3 isi laporan ppl.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanaakannya PPL: 1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kegiatan mengajar di SMK Negeri 4 Yogyakarta dalam rangka melatih, mengembangkan kompetensi keguruan. 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa unutk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai selama kuliah secara menyeluruh ke dalam pembelajaran di sekolah. Dalam pelaksanaan PPL ada beberapa metode atau alur yang harus diikuti yaitu 1) Pengajaran Mikro, 2) Pembekalan PPL, 3) Pelaksanaan PPL, 4) Evaluasi PPL. Selama pelaksanaan PPL ada tahap sebelum hingga selesai seperti Observasi di SMK Negeri 4 Yogyakarta, Rencana Program Kegiatan, Konsultasi Program, Penetapan Program, Pelaksanaan Program hingga Pembuatan Laporan PPL. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta selama 5 minggu dapat diperoleh hasil sebagai berikut 1) Mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar baik teori maupun praktik guna memenuhi kompetensi keguruan yang berupa mengajar teori dan praktik di kelas X Boga 1, X Boga 2 dan X Boga 3 dengan mata pelajaran Boga dasar secara pararel tiga kelas dan Pengetahuan Bahan Makanan satu kelas. 2) Mahasiswa dapat mengenal, mempelajari, menghayati, dan memberikan solusi terkait dengan proses pembelajaran. 3) Mahasiswa mengalami peningkatan dalam penerapan ilmu dan keterampilan yang mungkin sebelum PPL masih dirasa kurang. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013. Selama pelaksanaan PPL telah terlaksana 5 kali pertemuan setiap minggunya dengan pararel tiga kelas dengan 2 kali teori dan 1 kali praktik setiap RPP untuk mata pelajaran Boga dasar dan 5 kali teori pada mata pelajaran Pengetahuan bahan makanan. Pencapaian evaluasi pembelajaran rata-rata mendapat predikat Baik dari ranah Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Secara umum pelaksanaan PPL berjalan lancar sesuai harapan, apabila ada hambatan bukan masalah yang berarti.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Boga Dasar, Pengetahuan Bahan Makanan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34862

Actions (login required)

View Item View Item