LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Karina Isnaini Putri, Karina Isnaini Putri (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01 COVER - ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
00 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I - III, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil atau ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta program S1 kependidikan. Tujuan dari adanya mata kuliah PPL itu sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan menggembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah, klub atau lembaga pendidikan. SMK N 4 Yogayakarta yang beralamat di Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tempat PPL mahasiswa Boga, Busana dan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta. PPL UNY dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 yang diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi permasalahan yang ada di sekolah. Pada kegiatan PPL ini setiap mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing dan mendapatkan mata pelajaran yang harus diampu oleh mahasiswa. Adapun mata pelajaran yang diampu oleh praktikan yaitu Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang professional. Persiapan fisik, mental dan materi sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL di SMK N 4 Yogyakarta dapat berjalan dengan baik, tidak ada halangan yang begitu berarti. Adapun yang dapat disimpulkan dari kegiatan PPL di SMK N 4 Yogayakarta yaitu: 1) Sarana untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah; 2) Sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah; 3) Dapat memperluas wawasan sebagai tenaga pendidik, kegiatan persekolahan dan kegiatan lain yang dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah; 4) Mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab guru secara nyata; 5) keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu guru dan murid dengan sarana dan prasarana pendukung; 6) Belajar berinteraksi dan melakukan komunikasi yang baik dengan birokrasi sekolah, guru, karyawan, serta siswa-siswi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Jasa Boga
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34858

Actions (login required)

View Item View Item