PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA KELAS X

Rahman, Mu’ahid Nur (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis masalah pada materi Trigonometri untuk siswa SMA kelas X dan untuk mengetahui kualitas LKS yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Pengembangan LKS berbasis masalah pada materi Trigonometri ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Uji coba LKS dilakukan kepada 32 siswa kelas X H di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan mengukur kualitas LKS yang dikembangkan untuk aspek kevalidan adalah lembar penilaian ahli materi dan ahli media, untuk aspek kepraktisan adalah angket respon guru dan angket respon siswa, dan untuk aspek keefektifan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian, LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata skor penilaian ahli materi dan ahli media sebesar 4,08 dengan klasifikasi sangat baik. Dari segi kepraktisan, LKS yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan rata-rata skor angket respon siswa dan guru sebesar 3,95 dengan klasifikasi baik. Dari segi keefektifan, LKS yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan klasikal tes hasil belajar sebesar 87,5% dengan klasifikasi sangat baik dan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka LKS berbasis masalah pada materi Trigonometri untuk siswa SMA kelas X yang dikembangkan memiliki kualitas valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran matematika materi Trigonometri. Kata kunci: LKS, berbasis masalah, trigonometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item